Warga Sogaten Tumpleg Bleg Percantik Makam Reksogati

Share Informasi

Madiun –  Salah satu budaya yang menjadi identitas masyarakat Indonesia adalah kerja bakti. Kegiatan itu biasanya dilakukan bersama-sama secara gotong royong dengan tujuan menciptakan lingkungan bersih.  Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Sogaten, Minggu pagi (27/02).

Puluhan warga bergotong royong membersihkan Makam Reksogati. Mereka terlihat semangat membersihkan rumput menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah seperti sabit, cangkul, dan sapu lidi. Pun, membersihkan daun daun kering serta mengecat ulang pagar makam agar tampak bersih.

Warga juga bekerjasama memindahkan batu besar yang biasa disebut umpak yang tersebar diluar area makam. Batu-batu tersebut diyakini merupakan bekas bangunan pendopo Kabupaten Purabaya dibawah kepemimpinan Kyai Reksogati.

Untuk diketahui, Pemkot Madiun melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, tahun ini kembali mengadakan lomba kebersihan makam. Event rutin tersebut merupakan upaya Pemkot mendorong agar pengurus makam melaksanakan administrasi dengan baik. Selain itu juga mengurangi efek seram dari makam ketika makam terlihat bersih. (Ema/Kimsogaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *