Datangi Lokasi, Tim Penilai Apresiasi Kebersihan Makam Reksogati.

Share Informasi

Madiun – Makam atau kuburan identik dengan tempat sepi, seram, dan kurang terawat. Tetapi hal tersebut tidak berlaku di Kota Madiun. Pasalnya, tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pendekar dilombakan untuk menjadi kawasan paling bersih.

Seperti nampak, di Makam Reksogati, Kelurahan Sogaten, Kecamatan Manguharjo, Senin (07/03). Tim juri dari Kecamatan Manguharjo berkesempatan melihat langsung kondisi makam bersejarah itu sekaligus memberikan penilaian untuk lomba kebersihan makam tingkat Kecamatan Manguharjo.

Ketua tim penilai, Crisna Judi mengatakan, Makam Reksogati berhasil menunjukkan perkembangan positif dalam hal kebersihan makam. Selain itu, lanjutnya, pada lomba kebersihan lingkungan makam, indikator penilaian juga meliputi segi administrasi sehingga dengan administrasi yang tertata akan memudahkan ahli waris mencari keluarga. Pun, SK lurah tentang penunjukkan pengurus makam, status tanah yang digunakan sebagai area makam, hingga juru kunci yang bertugas.

“Nantinya dari 9 makam kelurahan yang telah melewati penilaian di tingkat Kecamatan Manguharjo, akan diambil 3 besar untuk bersaing di tingkat kota,” terang Crisna.

Saat ini, inovasi berupa perbaikan dan peningkatan fasilitas makam Reksogati terus dilakukan oleh pengurus makam setempat. Salah satunya, dalam waktu dekat di area makam akan dibangun pendopo yang bisa difungsikan sebagai berkumpulnya warga saat kegiatan Bersih Desa. (Ema/Kimsogaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *