Kaya Khasiat, Warga Sogaten Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Lebah Madu

Share Informasi

MADIUN – Upaya Wali Kota Madiun Maidi untuk mengenalkan budidaya lebah madu sampailah di Kelurahan Sogaten, Selasa (16/8). Saat ini, Pemerintah Kota Madiun telah menggalakkan pelatihan budidaya lebah madu atau klanceng di sejumlah kelurahan di Kota Pendekar. Budidaya klanceng mempunyai banyak tujuan. Selain menghasilkan madu, budidaya klanceng juga akan mendorong masyarakat untuk menanam bunga sebagai sumber makanan lebah.

Tentu hal itu sejalan dengan julukan Kota Madiun sebagai kota sejuta bunga.”Dengan budidaya madu, otomatis mengajak masyarakat untuk menanam bunga. Karena lebah ini sumber makananya ada di bunga, masyarakat akan senang menanam bunga,” kata Wali Kota Maidi, di sela membuka budidaya lebah madu di aula Kelurahan Sogaten.

Selain itu, menurut orang nomor satu di Kota Pendekar itu, madu yang dihasilkan klanceng tersebut memiliki nilai kesehatan dan ekonomi yang tinggi. Dimana madu memiliki beragam khasiat yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Sehingga, permintaan madu sangat tinggi yang juga membuat nilai jual madu ikut tinggi.

Budidaya madu bisa dilakukan oleh siapa saja. Pun, tidak mengeluarkan biaya yang begitu mahal, karena lebah mencari makan secara mandiri.”Antusias masyarakat cukup baik, makanya yang semangat-semangat ini kita beri pelatihan,” tambahnya. Diharapkan, Kota Madiun akan bisa menjadi sentra penghasil madu seiring dengan semakin banyaknya warga Kota Madiun yang membudidayakan lebah madu. (Ema/kimreksogati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *