Posyandu Lansia, Ajang Pemeriksaan Kesehatan Sekaligus Kumpul Bareng Teman

Share Informasi

Madiun – Puluhan warga Lanjut Usia (Lansia) di Kelurahan Sogaten, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan melalui kegiatan Posyandu yang dilaksanakan Kelurahan Sogaten bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap warga lansia yang sudah berusia 60 tahun keatas.

Lurah Sogaten, Sukat mengatakan, kegiatan posyandu digelar secara rutin dalam satu bulan sekali. Kegiatan posyandu yang dipusatkan di panti Karang Werdha itu diikuti tak kurang 30 lansia. Dalam kegiatan itupun para lansia diberikan berbagai pelayanan kesehatan mulai dari pengecekan kesehatan, berat badan, hingga tensi atau tekanan darah.

Selain itu, guna menjaga kebugaran fisik lansia, diadakan senam lansia yang dilaksanakan rutin seminggu sekali. Dengan rutin mengikuti senam dan berkumpul bersama teman-temannya, para lansia tentu akan merasakan enrgi yang sangat positif. Maka tak heran, meskipun usianya sudah sepuh tetapi mereka masih tangguh.

“Melalui kegiatan posyandu ini, kita bisa mengetahui kesehatan para lansia. Apalagi, ditengah penyebaran wabah covid-19 ini, kesehatan para lansia sangat perlu untuk terus dipantau, karena kekebalan tubuh lansia sangat rentan mudah terserang berbagai wabah penyakit,” ungkap Sukat, Kamis, (18/11) kemarin.

Dia menambahkan, tujuan utama dari kegiatan posyandu adalah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat terutama bagi para lansia. Untuk itu diharapkan melalui program pelayanan kesehatan gratis ini dapat diikuti secara rutin oleh warga terkhususnya bagi para lansia. “Kegiatan ini merupakan program pemerintah guna memberikan jaminan pelayanan kesehatan untuk lansia, maka kita berharap agar kegiatan ini dapat diikuti secara rutin setiap bulannya,” pungkasnya. (Ema/kimsogaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *