Pokja I Kelurahan Sogaten Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jenazah Perempuan.

Share Informasi

Madiun – Dalam rangka memberikan pemahaman tata cara perawatan jenazah perempuan dengan baik, benar, cepat dan tertib sesuai tuntunan syari’at Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun menyelenggarakan pelatihan pemulasaran jenazah perempuan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Kota Madiun, Kelompok Kerja (Pokja) 1 PKK Kelurahan dan modin perempuan kelurahan se Kota Madiun.

Ketua TP PKK Kota Madiun, Hj. Yuni Maidi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta menambah wawasan tentang bagaimana tata cara merawat jenazah (memandikan,mengkafani, dan menyolatkan). Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan semua peserta dapat menurunkan ilmunya kepada kepada semua kader pokja 1 dan masyarakat serta dapat menerapkannya pada saat ada saudara yang meninggal dunia. “Jenazah manusia perlu dihormati dan berhak mendapat perlakuan dengan sebaik mungkin,” jelasnya.

Sebagai langkah awal terhadap jenazah adalah memejamkan kelopak mata, mengikat rahang, melepaskan persendianya, melepaskan pakaian yang dikenakan secara perlahan dan memindahkan jenazah ketempat yang aman . Dilanjutkan, memandikan jenazah mulai persiapan, cara memandikan dan proses memandikan serta persiapan hamparan posisi kain dan proses mengkafani.

Setelah itu, mensholati jenazah dengan memperhatikan syarat, rukun dan hal-hal yang disunahkan. Selanjutnya, prosesi pelepasan jenazah hingga memakamkan, meliputi cara memasukan keliang lahat dan ditutup dengan mendoakan. (Ema/Kimsogaten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *