Jaga Kondusifitas Kota Pendekar Saat Perayaan 1 Muharram 1444 H.

Share Informasi

Madiun – Keamanan dan ketertiban di Kecamatan Manguharjo jelang perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah menjadi atensi dari Tiga Pilar Kecamatan setempat. Seperti diketahui, Kecamatan Manguharjo merupakan rumah bagi beberapa perguruan pencak silat besar di Kota Pendekar. Sehingga kondusifitas pada bulan Suro tersebut harus senantiasa dijaga.

Selasa (19/07), bertempat di Aula Kecamatan Manguharjo dilaksanakan Rapat Koordinasi Upaya Pencegahan Konflik Sosial dalam rangka Menyambut Bulan Muharram Tahun 1444 Hijriyah. Hadir pada kesempatan itu, Lurah se Kecamatan Manguharjo, Ketua LPMK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat, serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, dipaparkan potensi ganguan kamtibmas yang bisa muncul pada saat perayaan 1 Suro. Diantaranya, peningkatan kembali kasus covid 19 serta banyaknya hoax yang berkembang di masyarakat sehingga dapat memperkeruh suasana. Ancaman tersebut tentu menjadi tanggung jawab bersama sehingga tidak ada gesekan pada saat Bulan Muharram.

Danang Novianto, Camat Manguharjo mengatakan, Bulan Muharram merupakan bulan yang sakral bagi sebagian besar masyarakat Madiun. Untuk itu, kondusifitas harus selalu dijaga untuk mewujudkan kamtibmas di Kecamatan Manguharjo. “ Jangan mudah terprovokasi dengan berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Manguharjo Kompol Mujo Prajoko menghimbau agar masyarakat mengedepankan kondusifitas dalam berbagai kegiatan. Beberapa faktor yang melatarbelakangi konflik antar perguruan pencak silat antara lain merasa perguruan silatnya lebih baik daripada yang lain.

Disamping itu, adanya pihak ketiga yang dengan sengaja melakukan adu domba sehingga mengakibatkan gesekan. Serta, adanya fanatisme yang tinggi. “Kondusifitas di Kota Madiun wajib terus terjaga. Pendekar harus jadi pelopor kedisiplinan. Bukan malah menjadikan kekhawatiran di masyarakat,” pungkasnya.
(ema/kimreksogati)

#pemkotmadiun
#madiunkotapendekar
#polsekmanguharjo
#kodim0803madiun
#kecamatanmanguharjo
#kimkotamadiun
#kimreksogati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *